SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester :
X/ 1
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar/Bahan/ Alat
|
1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
|
Pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
Uraian Materi:
·
Pengertian sejarah.
·
Kegunaan sejarah.
·
Pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.
·
Peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan
peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya.
·
Periodisasi dan kronologi sejarah Indonesia.
|
· Menjelaskan pengertian sejarah melalui kajian pustaka.
· Menjelaskan kegunaan sejarah
bagi kehidupan masyarakat masa kini (kegunaan
edukatif, inspiratif, dan rekreatif) melalui kajian pustaka, diskusi
kelompok, dan presentasi.
· Menjelaskan pengertian sumber, bukti,
dan fakta sejarah melalui kajian pustaka dan diskusi kelompok. melalui kajian pustaka,
diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Mendiskripsikan peristiwa, peninggalan sejarah, dan
monumen peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya melalui observasi, diskusi kelompok, diskusi kelas dan presentasi.
·
Menyusun periodisasi dan kronologi melalui studi pustaka melalui
kajian pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
· Menjelaskan
pengertian sejarah.
· Menjelaskan kegunaan sejarah sebagai edukatif.
· Menjelaskan kegunaan sejarah sebagai rekreatif.
· Menjelaskan pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.
· Mendiskripsikan
peristiwa pertempuran 5 hari dan monumen Tugu Muda di Semarang. (di daerah
lain kembangkan sejarah lokal yang relevan)
· Menyusun
periodisasi dan kronologi sejarah
Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
4X45 Menit:
1X45 Menit
1X45 Menit
1X45 Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
· Buku Paket.
· Hariyono. (1995).
Mempelajari sejarah Secara Efektif. Jakarta : PT. Dunia Pustaka
Jaya.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat:
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.2
Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan
masa aksara
|
Tradisi sejarah dalam masyarakat
Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
Uraian
Materi:
· Tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara.
· Jejak
sejarah di dalam sejarah lisan (foklore, mitologi, dongeng, dan, legenda),
dari berbagai daerah di Indonesia.
· Nilai, norma, dan tradisi yang diwariskan di
dalam sejarah lisan Indonesia.
· Tradisi sejarah masyarakat pada masa aksara.
|
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui kajian
pustaka, dan diskusi kelas.
· Mengidentifikasi tradisi
sejarah pada masyarakat pra-aksara dengan tari, upacara, lagu, alat, bangunan, dan lukisan di Kepulauan
Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
· Mendeskripsikan
jejak sejarah di dalam sejarah lisan (foklore, mitologi, dongeng, dan,
legenda), pada masa pra-aksara melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Mengidentifikasi
jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam
bentuk foklore, mitologi, dongeng, dan, legenda melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Mendeskripsikan
nilai, norma, dan tradisi yang diwariskan dalam mitologi Indonesia melalui
studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa
lalunya melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas.
|
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur.
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tari dan lagu.
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui alat dan
bangunan.
· Mengidentifikasi tradisi
sejarah pada masyarakat pra-aksara melalui upacara larung
sesaji laut di Pantai Selatan Yogya.
· Mengidentifikasi tradisi
sejarah pada masyarakat pra-aksara melalui tari lompat batu di Nias.
· Mendeskripsikan
definisi foklore.
· Mendeskripsikan
definisi mitologi.
· Mengidentifikasi
jejak sejarah di dalam sejarah lisan dari berbagai daerah Indonesia dalam
bentuk mitos di Jawa Barat.
·
Mendeskripsikan nilai, norma dan
tradisi yang diwariskan dalam mitologi Indonesia.
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa
lalunya melalui tutur.
· Mengidentifikasikan
cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa
lalunya melalui tulisan (prasasti, lontar, kulit kayu, kulit binatang,
dll).
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
10 X 45 Menit:
1X45 menit
2X45 Menit
2X45 Menit
2X45 menit
1X45 Menit
2X45 Menit
|
· Koentjaraning rat. (1985). Manusia dan Kebudayaan di
Indonesia. Jakarta. Penerbit Djambatan.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat:
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
· Koentjaraning
rat. Metode-MetodePenelitian Masyarakat. Jakarta. Penerbit PT.
Gramedia.
· Sulistyo
Bambang.(2000).Mitos Bubuksah Kajian Struktural dan Maknanya. Yogyakarta.
Balai Arkeologi Yogyakarta.Depdiknas.
· Danandjaya James.(1991).Folklor Indonesia.Ja-karta, Grafiti.
· Sri Tjianingsih.
(1999). Sub Tema: Pemikiran dan Analisis Teks Sejarah. Jakarta.
Depdiknas.
|
1.3 Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian
sejarah
|
Prinsip-prinsip
dasar penelitian sejarah
Uraian
materi:
· Prinsip sebab-akibat dalam kajian sejarah.
· Prinsip kronologis dalam kajian sejarah.
|
·
Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar
penelitian sejarah.
·
Menerapkan prinsip sebab-akibat dalam
penelitian sejarah lisan melalui kajian pustaka.
·
Menerapkan prinsip kronologis dalam
penelitian sejarah melalui kajian pustaka.
|
· Menjelaskan
tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.
· Menerapkan
prinsip sebab-akibat dalam penelitian sejarah lisan.
·
Menerapkan prinsip kronologis dalam
penelitian sejarah.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
4X 45 Menit:
1X45 Menit
1X45 Menit
1X45 Menit
1X45 Menit
(ulangan)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat:
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program : ---
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : X/ 2
Standar Kompetensi: 2.
Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
2.1 Menganalisis kehidupan awal
masyarakat Indonesia.
|
Kehidupan
awal masyarakat Indonesia.
Uraian
materi:
·
Perkembangan biologis manusia Indonesia.
·
Periodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal
Indonesia.
·
Peta penemuan manusia purba dan hasil
budayanya di Indonesia.
·
Ciri-ciri
sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa berburu (food
gathering) dan masyarakat pertanian (food producing).
|
·
Mengklasifikasikan berbagai fosil
manusia purba di Indonesia melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Menganalisis
jenis-jenis manusia purba di Indonesia berdasarkan bukti-bukti arkeologis melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Membuat bagan
secara kronologis perkembangan budaya di Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Merekonstruksi
penemuan manusia purba Indonesia di atas peta melalui studi pustaka.,
eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa
berburu (food gathering) dan masyarakat pertanian (food producing) melalui
diskusi kelompok..
|
· Mendeskripsikan
berbagai fosil manusia purba di Indonesia.
· Mendeskripsikan
perkembangan biologis manusia purba di Indonesia.
· Menyusun
secara kronologis perkembangan biologis manusia Indonesia.
· Membuat bagan perkembangan budaya di Indonesia secara
kronologis.
· Merekonstruksi penemuan manusia purba Indonesia diatas
peta melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan
presentasi.
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa
berburu (food gathering) dan masyarakat pertanian (food producing.)
.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
7 X 45 Menit:
2X45 Menit
1X45 Menit
1X45 Menit
2X45 Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
· F.Clarck Howell.-(1982).-Manusia Purba.Pus-taka Alam’
· Life.Indone-sian Horstage.-(1996).Ancient History.-Singapura Gralier International
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
· Soekmono. R. (1984). Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia Jilid 1, 2, dan 3.
|
2.2 Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat
di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
|
Peradaban
awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia.
Uraian
materi:
·
Proses migrasi Ras Proto Melayu dan Detro Melayu ke
kawasan Asia Tenggara dan Indonesia.
·
Pengaruh budaya Bacson, Hoa - Bihn,
dan Dongson dengan perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan
Indonesia.
·
Budaya logam di Indonesia
|
·
Membandingkan
proses migrasi Ras Bangsa Palaeo Mongoloide dengan Neo Mongoloide Indonesia
melalui studi pustaka.
·
Mengidentifikasi
pengaruh kebudayaan Bacson, Hoa-binh dan Dongson pada perkembangan kebudayaan
Indonesia melalui studi pustaka.
·
Mengidentifikasikan peninggalan
perunggu di Indonesia melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi
·
Mendiskripsikan teknik pembuatan
peninggalan perunggu di Indonesia melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
|
· Membandingkan proses migrasi ras bangsa Palaeo
Mongoloide dengan Neo Mongoloide Indonesia.
· Mengidentifikasi
pengaruh budaya Bacson, Hoa - Bihn, dan Dongson terhadap perkembangan budaya
masyarakat awal di kepulauan Indonesia.
· Mengidentifikasikan
peninggalan perunggu di Indonesia.
· Mendiskripsikan
teknik pembuatan peninggalan perunggu di Indonesia .
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
5 X 45 Menit:
1X45 Menit
1X45 Menit
2X45 Menit
1X45 menit
(Ulangan)
|
· Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta,
Elkasa.
|
2.3 Menganalisis asal-usul dan
persebaran manusia di kepulauan Indonesia
|
Asal-usul
dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia.
Uraian
materi:
·
Hipotesis tentang asal-usul dan
persebaran manusia di kepulauan Indonesia.
·
Perkembangan teknologi dan sistem
kepercayaan awal masyarakat Indonesia/pada neolithkum dan megalithkum.
|
· Menganalisis hipotesis
tentang asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan diskusi kelas..
· Mendeskripsikan
perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi
|
· Menjelaskan
tentang asal-usul manusia di kepulauan Indonesia.
· Menganalisis
persebaran manusia di kepulauan Indonesia.
· Mendeskripsikan
perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal masyarakat Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
5 X 45 Menit:
2X45 Menit
2X45 Menit
1X45 menit
(Ulangan)
|
· Soekmono. R. (1984). Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia Jilid 1, 2, dan 3.
· Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta,
Elkasa.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester :
XI/1
Standar Kompetensi: 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa
negara-negara tradisional.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
|
1.1 Menganalisis pengaruh perkembangan
agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di
Indonesia.
|
Perkembangan agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
Uraian materi:
·
Hipotesis para ahli tentang masuknya
agama dan kebudayaaan Hindu- Buddha di kepulauan Indonesia.
·
Perkembangan tradisi Hindu-Buddha dengan perubahan struktur sosial masyarakat, pendidikan,
kesenian, dan teknologi pada masa kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
·
Fakta-fakta tentang proses interaksi
masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha di bidang agama, sosial,
dan arsitektur.
·
Tradisi Hindu-Buddha di dalam
masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
|
· Menganalisis hipotesis
tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan
Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia. Melalui studi pustaka.
·
Menganalisis
perkembangan tradisi Hindu-Buddha dengan perubahan
struktur sosial, perubahan
pendidkan, teknologi, dan kesenian masyarakat
pada masa kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mengidentifikasi fakta-fakta tentang
proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha di
bidang agama, sosial, dan arsitektur melalui
studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas..
· Mendeskripsikan
keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah
tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Mendiskripsikan Hipotesis Waisya
tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di
kepulauan Indonesia.
·
Mendiskripsikan Hipotesis Arus Balik
tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di
kepulauan Indonesia.
·
Menganalisis perkembangan tradisi Hindu-Buddha dengan
perubahan struktur sosial
masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan
bercorak Hindu-Buddha.
·
Menganalisis perkembangan tradisi Hindu-Buddha dengan
perubahan pendidikan pada masa
kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
·
Mengidentifikasi fakta-fakta tentang
proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha di
bidang arsitektur.
·
Mengidentifikasi fakta-fakta tentang
proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha di
bidang agama dan sosial.
·
Mendeskripsikan keberlanjutan tradisi
Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya
kerajaan Hindu-Buddha.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit:
3X45 Menit
3X45 menit
3X45 menit
1X45 menit
2X45 Menit
(Ulangan tengah semester)
|
· Soekmono. R. (1984). Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia Jilid 1, 2, dan 3.
·
Ricklefs,M.
C(1999). Sejarah Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada
Unipersity Press.
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
|
1.2 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia.
|
Perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia.
Uraian
materi:
·
Muncul dan
berkembang-nya negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
·
Sistem dan struktur sosial, ekonomi
(perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi)
masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.
·
Struktur birokrasi kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di berbagai daerah.
·
Runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak
Hindu-Buddha.
·
Tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat
di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
|
·
Mendeskripsikan munculnya
negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan negara-negara
kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan sistem dan struktur
sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan
transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi
·
Membandingkan struktur birokrasi
antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan keberlanjutan tradisi
Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya
kerajaan Hindu-Buddha melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
|
·
Mendeskripsikan munculnya
negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
·
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan negara-negara
kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
·
Mendeskripsikan sistem dan struktur
sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan
transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.
·
Membandingkan struktur birokrasi
antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
·
Menganalisis faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
·
Mendeskripsikan keberlanjutan tradisi
Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya
kerajaan Hindu-Buddha.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit:
3X45 Menit
3X45 Menit
3X45 Menit
1X45 Menit
2X45 Menit
(Ulangan)
|
· Soekmono. R. (1984). Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia Jilid 1, 2, dan 3.
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
|
1.3
Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan
Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
|
Pengaruh perkembangan agama dan
kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.
Uraian
materi:
·
Hipotesis para ahli tentang proses awal penyebaran
Islam di kepulauan Indonesia.
·
Tempat dan bukti awal penyebaran Islam di Indonesia
·
Perkembangan tradisi Islam di berbagai
daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18.
·
Kehidupan pendidikan, kesenian, kesusastraan dan sosial di kerajaan-kerajaan bercorak
Islam di berbagai daerah.
·
Sistem dan struktur sosial masyarakat
di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di berbagai daerah.
·
Pola penyebaran agama Islam dengan pertumbuhan kota dan
terbentuknya jaringan ekonomi serta intelektual di kepulauan Indonesia.
|
· Mendeskripsikan
Hipotesis perdagangan tentang proses
awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia melalui studi pustaka.
·
Mengidentifikasi pada peta
tempat-tempat dan bukti-bukti awal penyebaran Islam di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi
· Mendeskripsikan
perkembangan tradisi Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad
ke-18 melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
· Mendeskripsikan
perkembangan pendidikan, kesenian, dan kesusastraan di kerajaan-kerajaan
bercorak Islam di Indonesia melalui studi
pustaka., eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan diskusi kelas.
· Mengidentifikasi
sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di
berbagai daerah melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
· Menganalisis pola penyebaran
agama Islam dengan pertumbuhan kota dan terbentuknya jaringan ekonomi serta
intelektual di kepulauan Indonesia melalui
studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
|
· Mendeskripsikan
Hipotesis perdagangan tentang proses
awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia.
· Mengidentifikasi
pada peta tempat-tempat dan bukti-bukti awal penyebaran Islam di Indonesia.
· Mendeskripsikan
perkembangan tradisi Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad
ke-18.
· Mendeskripsikan
perkembangan pendidikan, kesenian, dan kesusastraan di kerajaan-kerajaan
bercorak Islam di Indonesia.
· Mengidentifikasi
sistem dan struktur sosial masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam di
berbagai daerah.
· Menganalisis pola penyebaran
agama Islam dengan pertumbuhan kota dan terbentuknya jaringan ekonomi serta
intelektual di kepulauan Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit:
3X45 Menit
3X45 Menit
3x45 Menit
1x45 Menit
2x45 Menit
(ulangan)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
|
1.4
Menganalisis
perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
|
Perkembangan
negara-negara kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
Uraian materi:
·
Kerajaan Islam pertama di Indonesia
muncul di ujung utara Pulau Sumatera.
·
Konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam.
·
Struktur birokrasi, hubungan pusat-daerah, dan hukum di
kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.
|
·
Mendeskripsikan proses dan latar
belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul di ujung utara
Pulau Sumatera melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Membedakan konsep kekuasaan di
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Mendeskripsikan struktur
birokrasi, hubungan pusat-daerah, dan
hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
|
· Mendeskripsikan
proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia
muncul di ujung utara Pulau Sumatera.
· Membedakan
konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan
bercorak Islam .
· Mendeskripsikan
struktur birokrasi, hubungan
pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
9 X 45 Menit:
3x45 Menit
3x45 Menit
2x45 Menit
1x45 Menit
(Ulangan)
|
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
|
1.5
Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal,
Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia,
|
Interaksi antara tradisi lokal,
Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia,
Uraian
materi:
·
Perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha,
dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai daerah.
·
Perpaduan kepercayaan lokal,
Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan masyarakat di
kerajaan-kerajaan bercorak Islam.
·
Perpaduan arsitektur lokal,
Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia.
|
·
Mengidentifikasi perpaduan tradisi
lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai
daerah melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi
·
Menganalisis proses percampuran
kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan
masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis proses percampuran
arsitektur lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Mengidentifikasi perpaduan tradisi
lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial masyarakat di berbagai
daerah.
·
Menganalisis proses percampuran
kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan keagamaan
masyarakat di kerajaan-kerajaan bercorak Islam.
·
Menganalisis proses percampuran
arsitektur lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
6 X 45 Menit:
3x45 Menit
2X45 Menit
1x45 Menit
(Ulangan)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : XI/ 2
Standar Kompetensi: 2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia
sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
2.1 Menganalisis
perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan
sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial..
|
Perkembangan pengaruh Barat dan
perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di
Indonesia pada masa kolonial.
Uraian materi:
·
Paham-paham dan peristiwa-peristiwa
penting di Eropa pada masa imperialisme kuno sampai awal perkembangan
imperialisme modern.
·
Hubungan merkantilisme, revolusi
industri, dan kapitalisme di Eropa dengan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia.
·
Kebijakan pemerintah kolonial di
Indonesia pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20.
·
Perkembangan sistem pemerintahan, struktur
birokrasi, dan sistem hukum pada masa kolonial.
·
Perluasan aktivitas ekonomi pemerintah
kolonial, swasta asing, dan masyarakat di berbagai daerah sejak tahun 1830.
·
Hubungan komersialisasi ekonomi,
monetisasi, dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses
pengkotaan.
·
Pertumbuhan dan mobilitas penduduk
pada abad ke-19 dengan awal abad
ke-20.
·
Hubungan perubahan politik, ekonomi, dan pendidikan dengan mobilitas
sosial di berbagai daerah.
·
Kebijakan pemerintah kolonial dalam
bidang keagamaan dan menjelaskan dampaknya terhadap hubungan antarmasyarakat
dan masyarakat dengan negara.
·
Kedudukan dan peran perempuan dalam
kehidupan masyarakat pada masa kolonial.
|
·
Mendeskripsikan paham-paham dan
peristiwa-peristiwa penting di Eropa pada masa imperialisme kuno sampai awal
perkembangan imperialisme modern
melalui
studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menghubungkan merkantilisme, revolusi
industri, dan kapitalisme di Eropa dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme
Barat di Indonesia melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
·
Membandingkan kebijakan pemerintah
kolonial di Indonesia pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20 melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan perkembangan sistem
pemerintahan, struktur birokrasi, dan sistem hukum pada masa kolonia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan perluasan aktivitas
ekonomi pemerintah kolonial, swasta asing, dan masyarakat di berbagai daerah
sejak tahun 1830 melalui studi pustaka.,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
·
Menghubungkan komersialisasi ekonomi,
monetisasi, dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses
pengkotaan melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Membandingkan pertumbuhan dan
mobilitas penduduk pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20 melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menghubungkan perubahan politik, ekonomi, dan pendidikan dengan mobilitas
sosial di berbagai daerah melalui studi
pustaka., eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah
kolonial dalam bidang keagamaan dan menjelaskan dampaknya terhadap hubungan
antarmasyarakat dan masyarakat dengan negara melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendeskripsikan kedudukan dan peran
perempuan dalam kehidupan masyarakat pada masa kolonial melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Mendeskripsikan paham-paham dan
peristiwa-peristiwa penting di Eropa pada masa imperialisme kuno sampai awal
perkembangan imperialisme modern.
·
Mendeskripsikan hubungan
merkantilisme, revolusi industri, dan kapitalisme di Eropa dengan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia.
·
Membandingkan kebijakan pemerintah
kolonial di Indonesia pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20.
·
Mendeskripsikan perkembangan sistem
pemerintahan, struktur birokrasi, dan sistem hukum pada masa kolonial.
·
Mendeskripsikan perluasan aktivitas
ekonomi pemerintah kolonial, swasta asing, dan masyarakat di berbagai daerah
sejak tahun 1830.
·
Menghubungkan komersialisasi ekonomi,
monetisasi, dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan proses
pengkotaan.
·
Membandingkan pertumbuhan dan
mobilitas penduduk pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20.
·
Menghubungkan perubahan politik, ekonomi, dan pendidikan dengan mobilitas
sosial di berbagai daerah.
·
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah
kolonial dalam bidang keagamaan dan menjelaskan dampaknya terhadap hubungan
antarmasyarakat dan masyarakat dengan negara.
·
Mendeskripsikan kedudukan dan peran
perempuan dalam kehidupan masyarakat pada masa kolonial.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
15 X 45 Menit:
3x45 Menit
3x45 menit
3X45 Menit
3X45 Menit
2x45 menit
1X45 Menit
|
· Kartodirjo, Sartono.(1999). Pengantar Sejarah
Indonesia Baru: 1500-1900.Jilid I.
Dikmenum.
·
Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta, Elkasa.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
2.2
Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru
dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
|
Hubungan perkembangan
paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan
kebangsaan
Uraian
materi:
·
Paham-paham baru di dunia.
·
Hubungan paham liberalisme,
sosialisme, panislamisme, demokrasi, dan nasionalisme dengan munculnya
ideologi nasionalis di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia.
·
Hubungan kehidupan kekotaan
dengan munculnya pergerakan kebangsaan
Indonesia.
·
Proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya
identitas kebangsaan Indonesia di berbagai daerah.
·
Hubungan keragaman ideologis dengan
perbedaan strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.
·
Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya
kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan
Indonesia.
|
·
Mendeskripsikan paham-paham baru (liberalisme,
sosialisme, panislamisme, demokrasi, dan nasionalisme) melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menghubungkan paham liberalisme,
sosialisme, panislamisme, demokrasi, dan nasionalisme dengan munculnya
ideologi nasionalis di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendiskusikan hubungan kehidupan
kekotaan dengan munculnya pergerakan
kebangsaan Indonesia
·
Mendeskripsikan proses
terbentuknya transformasi etnik dan
berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia di berbagai daerah melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis hubungan keragaman
ideologis dengan perbedaan strategi organisasi pergerakan kebangsaan
Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mengidentifikasi beberapa peristiwa
penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia
Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
|
·
Mendeskripsikan paham-paham baru (liberalisme,
sosialisme, panislamisme, demokrasi, dan nasionalisme).
·
Menghubungkan paham liberalisme,
sosialisme, panislamisme, demokrasi, dan nasionalisme dengan munculnya
ideologi nasionalis di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia.
·
Menghubungkan kehidupan kekotaan
dengan munculnya pergerakan kebangsaan
Indonesia.
·
Mendeskripsikan proses
terbentuknya transformasi etnik dan
berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia di berbagai daerah.
·
Menghubungkan keragaman ideologis
dengan perbedaan strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.
·
Mendeskripsikan beberapa peristiwa
penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia
Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit:
1X45 Menit
2x45 Menit
2X45 Menit
2X45 Menit
2X45 Menit
2X45 Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
·
Buku paket
·
Ricklefs,M.C
(1999). Sejarah Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada
Unipersity Press.
·
· Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta,
Elkasa.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
2.3. Menganalisis proses interaksi Indonesia-Jepang dan
dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia.
|
Proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang
terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia.
Uraian
materi:
·
Bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang
pada masa kolonial Belanda dan pengaruhnya terhadap kebiajakan pemerintah
Hindia Belanda.
·
Bentuk-bentuk interaksi
Indonesia-Jepang di bidang politik pada masa pendudukan militer Jepang.
·
Dampak kebijakan imprialisme Jepang di
bidang militer, sosial – budaya, dan politik di Indonesia.
·
Peta wilayah pendudukan Belanda
dan pusat-pusat konflik
Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis.
·
Hubungan perbedaan ideologi dan
strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik
di Indonesia.
·
Peran masing-masing daerah dalam
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
·
Hubungan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya konflik
Indonesia-Belanda.
|
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa
kolonial Belanda melalui studi pustaka.,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan diskusi kelas.
·
Menghubungkan interaksi Indonesia-Jepang dengan kebijakan pemerintah
Hindia Belanda melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi Indonesia – Jepang di bidang
politik pada masa pendudukuan militer Jepang melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis dampak kebijakan imprialisme Jepang di bidang militer, sosial
– budaya, dan politik di Indonesia melalui
studi pustaka., eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Merekonstruksi daerah-daerah
pendudukan Belanda dan pusat-pusat
konflik Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis melalui studi pustaka dan presentasi.
·
Mendiskusikan perbedaan ideologi dan
strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik
di Indonesia.
·
Membandingkan peran masing-masing
daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas
·
Menghubungkan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya
konflik Indonesia-Belanda. Menghubungkan hasil Konferensi Meja Bundar dengan
berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
|
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa
kolonial Belanda.
·
Menghubungkan interaksi Indonesia-Jepang dengan kebijakan pemerintah
Hindia Belanda.
·
Menganalisis bentuk-bentuk interaksi Indonesia – Jepang di bidang
politik pada masa pendudukuan militer Jepang
·
Menganalisis dampak kebijakan imprialisme Jepang di bidang militer di
Indonesia.
·
Menganalisis dampak kebijakan imprialisme Jepang di bidang sosial dan
budaya di Indonesia.
·
Menganalisis dampak interaksi Indonesia-Jepang di bidang politik pada
masa perjuangan pengakuan kedaulatan RI.
·
Membuat peta wilayah pendudukan
Belanda dan pusat-pusat konflik
Indonesia-Belanda di berbagai daerah secara kronologis.
· Menghubungkan
perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di
antara kelompok politik di Indonesia.
· Membandingkan
peran masing-masing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia.
·
Menghubungkan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutannya
konflik Indonesia-Belanda.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
10 X 45 Menit:
2X45 Menit
1x45 menit
2X45 Menit
1X45 Menit
1x45 Menit
1x45 Menit
1x45 Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
· Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta,
Elkasa.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : XI / 2
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis
sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai
dengan abad ke-20.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
3.1 Membedakan pengaruh Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan
nasional Indonesia.
|
Pengaruh
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia.
Uraian
materi:
·
Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional
Indonesia.
·
Ideologi-ideologi yang berkembang pada
masa pergerakan nasional Indonesia sebagai pengaruh Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia.
|
·
Mengidenifikasikan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi
Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi
Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mengidentifikasi ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan
nasional Indonesia sebagai pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan
Revolusi Rusia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Mengidenifikasi pengaruh Revolusi Prancis terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia.
·
Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Amerika terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia.
·
Mengidentifikasikan pengaruh Revolusi Rusia terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia.
·
Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi
Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia.
·
Mengklasifikasi ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan
nasional Indonesia sebagai pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan
Revolusi Rusia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
9X 45 Menit
3X45 Menit
3x45 Menit
2Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
· Kartodirjo, Sartono.(1999). Pengantar Sejarah
Indonesia Baru: 1500-1900.Jilid I.
Dikmenum.
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
3.2
Menganalisis pengaruh revolusi
industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di
Indonesia
|
Pengaruh
revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di
Indonesia
Uraian
Materi Pokok:
· Perkembangan ekonomi dan
demografi di Indonesia pada masa kolonial.
·
Kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa
kolonial.
·
Hubungan antara perkembangan transportasi darat dan
air sejak abad ke-19 dengan aktivitas
perdagangan dan integrasi ekonomi di kepulauan Indonesia.
· Pertumbuhan, mobilitas, dan
persebaran penduduk di berbagai daerah pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20
dengan cara mengumpulkan data secara kuantitatif.
|
· Menganalisis perkembangan
ekonomi dan demografi di Indonesia pada masa kolonia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Mendiskusikan penyebab kegagalan industrialisasi di
Indonesia pada masa kolonial.
·
Menganalisis perkembangan transportasi darat dan
air sejak abad ke-19 dengan aktivitas
perdagangan dan integrasi ekonomi di kepulauan Indonesia melalui studi pustaka,
diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis tingkat pertumbuhan, mobilitas, dan
persebaran penduduk di berbagai daerah pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20
dengan cara mengumpulkan data secara kuantitatif melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
· Menganalisis perkembangan
ekonomi dan demografi di Indonesia pada masa kolonial.
·
Menyimpulkan kegagalan proses industrialisasi di
Indonesia pada masa kolonial.
·
Menganalisis perkembangan transportasi darat dan
air sejak abad ke-19 dengan aktivitas
perdagangan dan integrasi ekonomi di kepulauan Indonesia .
·
Menganalisis tingkat pertumbuhan, mobilitas, dan
persebaran penduduk di berbagai daerah pada abad ke-19 dengan awal abad ke-20
dengan cara mengumpulkan data secara kuantitatif melalui studi pustaka.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
10 X 45 Menit
3X45 Menit
2x45 Menit
2x45 Menit
3x45 Menit
1x45 Menit
(Ulangan)
|
·
Supriatna Nana. (2000). Perkemba- ngan Demokrasi di
Eropa (Abad 19 – 20). Bandung. UPI.
·
Ricklefs,M.C
(1999). Sejarah Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada
Unipersity Press.
· Kartodirjo, Sartono.(1999). Pengantar Sejarah
Indonesia Baru: 1500-1900.Jilid I.
Dikmenum.
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester :
X I I / 1
Standar Kompetensi: 1. Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
1.1 Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945
dan pembentukan pemerintahan Indonesia
|
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
pembentukan pemerintahan Indonesia
Uraan
materi:
· Upaya persiapan kemerdekaan
Indonesia di bidang politik.
· Perumusan naskah proklamasi.
· Makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia.
· Pembentukan lembaga-lembaga
kelengkapan negara
|
·
Menganalisis persiapan kemerdekaan Indonesia di bidang
politik. melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
·
Menganalisis peristiwa Rengasdengklok dalam hubungannya
dengan perumusan naskah proklamasi melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis makna proklamasi bagi bangsa Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
·
Menganalisis proses pembentukan lembaga-lembaga
kelengkapan negara melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
|
· Menganalisis persiapan
kemerdekaan Indonesia di bidang politik.
· Menganalisis peristiwa Rengasdengklok
dalam hubungannya dengan perumusan naskah proklamasi.
· Menganalisis makna
proklamasi bagi bangsa Indonesia.
· Menganalisis proses
pembentukan lembaga-lembaga kelengkapan negara.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
7 x 45 Menit :
3X45 Menit
3x45 Menit
1X45 Menit
(Ulangan)
|
· Loebis Aboe Bakar.
(1995). Kilas Balik Revolusi,
Kenangan, Pelaku dan Saksi. Jakarta. Penerbit. Uneversitas Indonesia.
· Ricklefs,M.C. (1999). Sejarah
Modern. Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada Unipersity Press.
· Setiono Benny G.(2002),Tionghoa Dalam Pusaran Politik,Jakarta,
Elkasa.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat:
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.2 Menganalisis
perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
|
Perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal
kemerdekaan sampai tahun 1950.
Uraian materi:
· Kebijakan
pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi dan hubungan
pusat-daerah, dan militer sampai tahun 1950.
· Perkembangan
keragaman ideologi dan partai politik dengan perubahan otoritas KNIP dan
lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan.
|
·
Menganalisis kebijakan pemerintah
Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi, dan militer sampai tahun 1950. melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
·
Menganalisis perkembangan keragaman ideologi dan partai politik dengan
perubahan otoritas KNIP dan lembaga kepresidenan pada awal kemerdekaan melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Menganalisis kebijakan pemerintah
Indonesia dalam bidang ekonomi dan keuangan sampai tahun 1950.
·
Menganalisis kebijakan pemerintah
Indonesia dalam bidang birokrasi dan hubungan pusat-daerah sampai tahun 1950.
·
Menganalisis kebijakan pemerintah
Indonesia dalam bidang militer, sampai tahun 1950.
·
Menganalisis perkembangan keragaman
ideologi dan partai politik dengan perubahan otoritas KNIP dan lembaga
kepresidenan pada awal kemerdekaan.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit :
6x45 Menit
6x45 menit
1X 45 Menit
(Ulangan)
|
·
Ricklefs,M
.C(1999).
Sejarah Modern. Dikmenum.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.3 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan
dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965)
|
Perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan
dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 1965Uraian materi:
· Pergolakan sosial di berbagai daerah
pada awal kemerdekaan.
· Ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk
pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi
Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S-1965/ PKI)
·
Peristiwa G-30-S/PKI 1965.
·
Pendapat para ahli tentang peristiwa G-30-S-1965/ PKI.
·
Dampak sosial-politik dari peristiwa G-30-S-1965/ PKI di dalam masyarakat.
·
Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa G-30-S-1965/ PKI.
|
·
Menganalisis gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
·
Menganalisis ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk
pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi
Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S-1965/
PKI) melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Merekonstruksi terjadinya peristiwa G-30-S-1965/ PKI melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis beberapa pendapat tentang
peristiwa G-30-S-1965/ PKI melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis dampak sosial-politik
dari peristiwa G-30-S-1965/ PKI
di dalam masyarakat. melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Mendeskripsikan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/ PKI melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
|
·
Mendeskripsikan gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan.
·
Mendeskripsikan ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam
bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII,
Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S-1965/ PKI)
· Mendeskripsikan
terjadinya peristiwa G-30-S-1965/
PKI.
· Menganalisis
beberapa pendapat tentang peristiwa G-30-S-1965/
PKI.
· Mendeskripsikan
dampak sosial-politik dari peristiwa G-30-S-1965/
PKI di dalam masyarakat.
· Mendeskripsikan
proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/ PKI.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit:
3 X 45 Menit
3X 45 Menit
3X 45
Menit
1X45 Menit
2X45 Menit (ulangan)
|
|
1.4
Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan.
|
Perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di
Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan.
Uraian
materi:
· Perkembangan politik dan
perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru.
· Hubungkan
kebijakan ekonomi pemerintah dengan kondisi ekonomi nasional dan daerah
sampai tahun 1965.
· Hubungan
perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di
antara kelompok politik di Indonesia.
·
Hubungan hasil Konferensi Meja Bundar
dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda.
·
Membandingkan sistem dan struktur politik pada masa Demokrasi
Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang ditimbulkannya
|
·
Menganalisis perkembangan
politik dan perubahan masyarakat di
Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis hubungkan kebijakan ekonomi pemerintah dengan kondisi
ekonomi nasional dan daerah sampai tahun 1965 melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas melalui
studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan
presentasi.
·
Menghubungkan perbedaan ideologi dan
strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik
di Indonesia melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
·
Menghubungkan hasil Konferensi Meja
Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda melalui studi pustaka, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Membandingkan secara analisis sistem
dan struktur politik pada masa
Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang
ditimbulkannya melalui studi pustaka., diskusi kelompok, dan diskusi
kelas.
|
·
Menganalisis perkembangan
politik dan perubahan masyarakat di
Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kegagalan penyusunan undang-undang dasar baru.
·
Menganalisis hubungkan kebijakan
ekonomi pemerintah dengan kondisi ekonomi nasional dan daerah sampai tahun
1965.
· Menghubungkan
perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di
antara kelompok politik di Indonesia.
·
Menghubungkan hasil Konferensi Meja
Bundar dengan berkelanjutannya konflik Indonesia-Belanda.
·
Membandingkan secara analisis sistem
dan struktur politik pada masa
Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin serta pengaruh yang
ditimbulkannya.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
12 X 45 Menit
3 X45 Menit
3X45 Menit
3X45 Menit
1X45 Menit
2X45 Menit (ulangan tengah smester)
|
· Ham Ong Hok.(2002). Dari Soal Priyayi Sampai Nyi
Blorong.
· Sastroami-
djojo Ali. (1974). Tonggak-Tonggak di Perjalanan ku.
·
Loebis Aboe Bakar. (1995). Kilas Balik Revolusi, Kenangan, Pelaku
dan Saksi. Jakarta. Penerbit. Uneversitas Indonesia.
·
Ricklefs,M.C. (1999). Sejarah Modern. Dikmenum.
Yogyakarta. Gadjah Mada Unipersity
Press.
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : X I I / 1
Standar Kompetensi: 2. Menganalisis perjuangan
sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
2.1 Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
Perkembangan
pemerintahan Orde Baru
Uraian
materi:
·
Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa G-30-S-1965/ PKI.
·
Ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah
Orde Baru.
·
Dampak menguatnya peran negara
terhadap kehidupan masyarakat, politik, dan media masa pada masa Orde Baru.
|
·
Menganalisis proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/ PKI melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pokok
kebijakan pemerintah Orde Baru melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok.
· Menganalisis
dampak menguatnya peran negara terhadap kehidupan masyarakat, politik, dan media masa pada masa Orde Baru melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok.
|
·
Menganalisis proses peralihan
kekuasaan politik setelah peristiwa G-30-S-1965/
PKI.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pokok
kebijakan pemerintah Orde Baru.
·
Menganalisis dampak menguatnya peran
negara terhadap kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru.
·
Menganalisis dampak menguatnya peran
negara terhadap kehidupan politik pada masa Orde Baru.
·
Mengalisis dampak menguatnya peran
negara terhadap kehidupan media masa pada masa Orde Baru
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
6 X 45
Menit:
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
|
·
Ricklefs,M.C ( 1999). Sejarah Modern.
Dikmenum. Yogyakarta. Gadjah Mada Unipersity Press.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
2.2
Menganalisis proses berakhirnya
pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi.
|
Proses berakhirnya
pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi
Uraian
materi:
·
Pengaruh Perang Dingin terhadap
Indonesia.
·
Peran Bank Dunia, IMF, dan lembaga
keuangan lainnya dalam kebijakan ekonomi Indonesia serta perkembangan modal
asing setelah tahun 1965.
·
Faktor-faktor penyebab munculnya
tuntutan reformasi dan jatuhnya pemerintah Orde Baru.
·
Krisis politik, ekonomi, dan sosial
dengan jatuhnya pemerintah Orde Baru.
·
Keruntuhan Pemerintah Orde Baru.
|
·
Menganalisis pengaruh Perang Dingin
terhadap Indonesia melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok.
·
Menganalisis peran Bank Dunia, IMF, dan lembaga keuangan
lainnya dalam kebijakan ekonomi Indonesia serta perkembangan modal asing setelah tahun 1965 melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi dan
jatuhnya pemerintah Orde Baru melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Mendiskusikan krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya
pemerintah Orde Baru.
·
Merekonstruksi jatuhnya Pemerintah Orde Baru secara kronologis melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Mendeskripsikan pengaruh Perang Dingin
terhadap Indonesia.
·
Menjelaskan peran Bank Dunia, lembaga
keuangan lainnya dalam kebijakan ekonomi setelah tahun 1965.
·
Menjelaskan perkembangan modal
asing setelah tahun 1965 di Indonesia.
·
Menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya tuntutan reformasi dan
jatuhnya pemerintah Orde Baru.
·
Menghubungkan krisis politik, ekonomi, dan sosial dengan jatuhnya
pemerintah Orde Baru.
·
Menganalisis jatuhnya
pemerintah Orde Baru secara kronologis.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
8 X 45 Menit:
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
2 X 45 Menit (ulangan)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
2.3
Menganalisis
perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada
masa reformasi
|
Perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia
pada masa reformasi
Uraian
materi:
·
Perkembangan politik setelah 21 Mei
1998.
·
Kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
di berbagai daerah sejak reformasi.
|
·
Menganalisis perkembangan politik setelah 21 Mei 1998 melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok.
·
Mengsnalisis kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai
daerah sejak reformasi melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
|
·
Menganalisis perkembangan politik setelah 21 Mei 1998.
·
Menjelaskan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di berbagai daerah
sejak reformasi.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
6 X 45 Menit
3 X 45 Menit
1 X 45 Menit
2 X 45 Menit (ulangan Semester)
|
· Loebis Aboe Bakar.
(1995). Kilas Balik Revolusi,
Kenangan, Pelaku dan Saksi. Jakarta. Penerbit. Uneversitas Indonesia.
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program :
Ilmu Pengetahuan sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : X I I / 2
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis
perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir..
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
3.1
Menganalisis perkembangan
sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi
internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
|
Perkembangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan
politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
berakhirnya Perang Dingin
Uraian
materi:
·
Dekolonisasi di Asia dan Afrika dengan
transformasi politik dan sosial di berbagai negara setelah PD II.
·
Perkembangan sistem ekonomi
internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia.
·
Faktor-faktor penyebab terjadinya
Perang Dingin.
·
Hubungan pemerintah komunis di Cina,
Perang Korea, dan revolusi Kuba dengan perluasan Perang Dingin ke luar Eropa.
·
Hubungan Perang Vietnam dengan
perkembangan politik di Asia Tenggara.
·
Ciri-ciri politik luar negeri
Indonesia.
·
Kebijakan politik luar negeri
Indonesia sebelum dan setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965.
|
· Menganalisis
hubungan dekolonisasi di Asia dan Afrika dengan transformasi politik dan
sosial di berbagai negara melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok.
· Mendiskusikan hubungan perkembangan
sistem ekonomi internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia.
· Mengalisis faktor-faktor penyebab terjadinya Perang
Dingin melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Mendiskusikan hubngan pemerintah
komunis di Cina, Perang Korea, dan revolusi Kuba dengan perluasan Perang Dingin ke luar
Eropa.
· Menganlisis
hubungan Perang Vietnam dengan perkembangan politik di Asia Tenggara melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Mengidentifikasi
ciri-ciri politik luar negeri Indonesia melalui
studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok.
· Menganlisis
kebijakan politik luar negeri Indonesia sebelum dan setelah peristiwa Gerakan
30 September 1965 melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
|
·
Menghubungkan dekolonisasi di Asia dan
Afrika dengan transformasi politik dan sosial di berbagai negara.
·
Menjelaskan hubungan perkembangan
sistem ekonomi internasional dengan perubahan politik dan ekonomi Indonesia.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab terjadinya Perang Dingin.
·
Menghubungkan pemerintah komunis di
Cina dengan perluasan Perang Dingin ke
luar Eropa.
·
Menghubungkan pemerintah komunis di
Perang Korea dengan perluasan Perang
Dingin ke luar Eropa
·
Menghubungkan Perang Vietnam dengan
perkembangan politik di Asia Tenggara.
·
Menjelaskan ciri-ciri politik luar negeri Indonesia.
·
Membandingkan kebijakan politik luar
negeri Indonesia sebelum dan setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
27 X 45 Menit:
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
6 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
4 X 45 Menit
2 X 45 Menit (ulangan Semester)
|
· Budiarto.M. (1991). Dasar-Dasar Integrasi Ekonomi
dan Harmonisasi Hukum Masyarakat Eropa. Jakarta. Penerbit. CV.Akademika
Pressindo
Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
3.2
Menganalisis
perkembangan mutakhir sejarah dunia,
|
Perkembangan mutakhir sejarah dunia,
Uraian
materi:
·
Peristiwa-peristiwa penting menjelang
dan setelah berakhirnya Perang Dingin.
·
Munculnya nasionalisme baru dan persoalan etnisitas
di berbagai kawasan dunia setelah berakhirnya Perang Dingin.
·
Proses globalisasi setelah berakhirnya
Perang Dingin.
·
Keberhasilan ekonomi Jepang dan
pengaruhnya terhadap tatanan politik dan ekonomi dunia.
·
Perubahan hubungan internasional dari
Timur-Barat ke Utara-Selatan.
·
Proses munculnya kecenderungan ikatan
yang bersifat regional dan global.
·
Hubungan perubahan di Eropa Timur
dengan berakhirnya Perang Dingin.
|
· Menjelaskai peristiwa-peristiwa
penting menjelang dan setelah berakhirnya Perang Dingin melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi kelompok.
· Mendiskusikan munculnya
nasionalisme baru dan persoalan etnisitas di berbagai kawasan dunia
setelah berakhirnya Perang Dingin.
· Merekonstruksi proses globalisasi
setelah berakhirnya Perang Dingin. melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
· Menganallisis keberhasilan ekonomi
Jepang dan pengaruhnya terhadap tatanan politik dan ekonomi dunia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Menganalisis
perubahan hubungan internasional dari Timur-Barat ke Utara-Selatan melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelompok.
· Menganalisis
proses munculnya kecenderungan ikatan
yang bersifat regional dan global. melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan diskusi kelompok
· Mendiskusikan
hubungan perubahan yang terjadi di Eropa Timur dengan berakhirnya Perang
Dingiin.
|
·
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting menjelang dan setelah
berakhirnya Perang Dingin.
·
Menjelaskan munculnya
nasionalisme baru di berbagai kawasan dunia setelah berakhirnya Perang
Dingin.
·
Mendeskripsikan persoalan etnisitas di berbagai kawasan dunia setelah
berakhirnya Perang Dingin.
·
Merekonstruksi proses globalisasi setelah berakhirnya Perang Dingin.
·
Menjelaskan keberhasilan ekonomi Jepang dan pengaruhnya terhadap tatanan
politik dan ekonomi dunia.
·
Menjelaskan perubahan hubungan
internasional dari Timur-Barat ke Utara-Selatan.
·
Menjelaskam proses munculnya kecenderungan ikatan yang
bersifat regional dan global.
·
Menjelaskan hubungan perubahan yang
terjadi di Eropa Timur dengan berakhirnya Perang Dingin.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
24 X 45 Menit:
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
3 X 45 Menit
4 X 45 Menit
2 X 45 Menit (Ulangan
semester)
|
· Budiarto.M. (1991). Dasar-Dasar Integrasi Ekonomi
dan Harmonisasi Hukum Masyarakat Eropa. Jakarta. Penerbit. CV.Akademika
Pressindo
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester : XI / 1
Standar Kompetensi: 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara
kebangsaan
sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
1.1
Menganalisis perkembangan
negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
|
Perkembangan
negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
Uraian
materi:
·
Hipotesis tentang proses masuk dan berkembangnya agama
dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
·
Negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha
di Indonesia.
·
Runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
·
Proses awal penyebaran Islam di kepulauan Indonesia.
·
Negara-negara kerajaan Islam di
Indonesia.
·
Runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam.
|
·
Menganalisis hipotesis tentang proses masuk dan
berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan
diskusi kelompok.
·
Menganalisis munculnya negara-negara
kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia melalui
studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan
presentasi.
·
Menganalisis pertumbuhan dan perkembangan Kerajaan Galuh di Ciamis,
Jawa Barat.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha
melalui studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan
presentasi.
·
Mendeskripsikan
pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan
Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan
diskusi kelompok.
·
Menganalisis munculnya negara-negara
kerajaan islam di Indonesia melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis pertumbuhan dan perkembangan Kerajaan Goa-Tallo
(disesuaikan dengan wilayahnya).
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam melalui studi pustaka, eksplorasi
internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
· Hipotesis Waisya tentang
proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan
Indonesia.
· Menganalisis
munculnya negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
·
Menganalisis pertumbuhan dan perkembangan awal Kerajaan Galuh di Ciamis, Jawa Barat.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab runtuhnya Kerajaan
Majapahit
·
Mendeskripsikan
pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan
Indonesia.
·
Saluran perdangan tentang proses masuk dan
berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di kepulauan Indonesia.
·
Menganalisis munculnya negara-negara kerajaan Islam di Indonesia.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan Goa(disesuaikan dengan wilayahnya).
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
6 X 45 Menit:
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit (ulangan Harian)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.2
Membandingkan perkembangan
masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia
Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
|
Perkembangan
masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia
Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
Uraian
materi:
· Kebijakan pemerintah
kolonial di Indonesia pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 serta
dampaknya terhadap huungan
antarmasyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah kolonial
|
·
Membandingkan
kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 dan awal abad
ke-20 melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Menganalisis
dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap hubungan antarmasyarakat dengan
masyarakat, antarmasyarakat dengan
pemerintah kolonial.
|
· Membandingkan kebijakan
pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.
·
Mendeskripsikan
dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap hubungan antarmasyarakat dengan
masyarakat, antarmasyarakat dengan
pemerintah kolonial.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
2 X 45 Menit:
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit
|
·
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.3
Menganalisis proses
kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
|
Menganalisis
proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia.
Uraian
materi:
·
Ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan
nasional dan pengaruhnya terhadap strategi organisasi pergerakan kebangsaan
Indonesia.
·
Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan
munculnya kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap pergerakan kebangsaan
Indonesia
|
· Mengklasifikasi ideologi-ideologi yang berkembang pada
masa pergerakan nasional dan pengaruhnya terhadap strategi organisasi
pergerakan kebangsaan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi
internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Menganalisis beberapa peristiwa penting yang
mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah kolonial terhadap
pergerakan kebangsaan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi
internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
· Mengklasifikasi
ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan nasional dan
pengaruhnya terhadap strategi organisasi pergerakan kebangsaan Indonesia.
· Menganalisis beberapa
peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah
kolonial terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
4 X 45 Menit:
2 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit (ulangan harian)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
1.4
Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia
|
Terbentuknya
negara Kebangsaan Indonesia.
Uraian
materi:
·
Proses transformasi etnik, terbentuk dan berkem-bangnya
iden-titas kebang-saan Indonesia di berbagai daerah.
·
Ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan
nasional dan pengaruhnya terhadap strategi organisasi pergerakan
|
· Menganalisis
proses transformasi etnik, terbentuk dan berkembangnya identitas kebangsaan
Indonesia di berbagai daerah melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
· Menganalisis ideologi-ideologi yang berkembang pada
masa pergerakan nasional dan pengaruhnya terhadap strategi organisasi
pergerakan kebangsaan Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi
internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
·
Menganalisis proses transformasi etnik, terbentuk dan
berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia di berbagai daerah.
·
Menganalisis ideologi-ideologi yang berkembang pada
masa pergerakan nasional dan pengaruhnya terhadap strategi organisasi
pergerakan kebangsaan Indonesia.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
5 X 45 Menit:
2 X 45 Menit
2 X 45 Menit
1 X 45 Menit (ulangan semester)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
SILABUS DAN
PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA
Program :
Ilmu Pengetahuan Alam
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi: 2. Merekonstruksi
perjuangan bangsa Indonesia sejak masa
Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar/Bahan/ Alat
|
Merekonstruksi perkembangan
masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
|
Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
Uraian materi:
· Peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi.
· Makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia.
· Perkembangan kehidupan politik
sejak proklamasi hingga Demokrasi
Terpimpin.
· Perkembangan
demokrasi Indonesia sejak demokrasi liberal hingga Demkrasi Terpimin..
|
· Menganalisis peristiwa penting(peristiwa Rengasdengklok,
perumusan naskah, dan pemebentukan lembaga negara) sekitar proklamasi melalui
studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan presentasi.
· Menganalisis makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
melalui studi pustaka, eksplorasi internet,
diskusi kelompok, dan presentasi.
·
Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik sejak proklamasi hingga Demokrasi
Terpimpin melalui studi pustaka,
eksplorasi internet, diskusi kelompok,
dan presentasi.
· Merekonstruksi perkembangan
demokrasi Indonesia sejak demokrasi liberal hingga Demkrasi Terpimin melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
· Mendeskripsikan peristiwa Rengadengklok dalam
hubungannya dengan perumusan naskah proklamasi.
· Merekonstruksi peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi.
· Menganalisis makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
·
Merekonstruksi perkembangan kehidupan sosial dan budaya
masyarakat Indonesia sejak
proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
· Mendekripsikan perkembangan
demokrasi Indonesia sejak Demokrasi Liberal hingga Demokrasi Terpimpin.
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
6 X 45 Menit:
2 X 45 Menit
1 X 45 Menit
2 X 45 Menit
1 X 45 Menit (ulangan harian)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari
Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
|
Menganalisis
pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru.
Uraian
materi:
·
Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa Gerakan 30 September PKI.
·
Ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah
Orde Baru.
·
Dampak menguatnya peran negara di
segala aspek kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru (politik, teknologi,
dan komunikasi).
|
·
Menganalisis proses peralihan
kekuasaan politik setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965 PKI melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri pokok
kebijakan pemerintah Orde Baru melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
·
Menganalisis Dampak menguatnya peran
negara di segala aspek kehidupan masyarakat pada masa Orde Baru(politik,
tenologi, dan komunikasi) melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, diskusi
kelompok, dan presentasi.
|
·
Menganalisis proses peralihan
kekuasaan politik setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965 PKI
·
Mendiskripsikan ciri-ciri pokok
kebijakan pemerintah Orde Baru.
·
Menganalisis dampak menguatnya peran
negara terhadap kehidupan politik pada masa Orde Baru.
·
Menganalisis dampak menguatnya peran
negara dalam kehidupan politik pada masa Orde Baru.
·
Menganaisis dampak menguatnya peran
negara terhadap perkembangan teknologi dan komunikasi pada masa Orde Baru
|
Jenis tagihan: tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja,
ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.
Bentuk instrumen: Laporan tertulis, cek list, LKS, dan tes tertulis (PG dan uraian).
|
11 X 45 Menit:
2 X 45 Menit
1 X 45 Menit
1 X 45 Menit (ulangan harian)
5 X 45 Menit
2 X 45 Menit
(ulangan semester)
|
· Bahan:
LKS/Gambar-Gambar, Transparan., floppy disk,
· Alat::
OHP, LCD,
Komputer, Internet dan VCD
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar