Kamis, 17 Mei 2012

Sekilas Tentang Gili genting


Sekilas Tentang Gili genting
Memang tak banyak orang tau mengenai asal usul, penemu, dan penamaan pulau yg elok ini. Namun penulis mencoba menerka dan menerjemahkan arti dari nama pulau giligenting, "Gili" artinya menurut bahasa madura giligenting adalah sebuah aliran pada air {Agili}, "Genting" artinya adalah sebuah atap atau naungan {Ata'genteng. jadi mungkin arti dari penamaan pulau giligenting adalah sebuah aliran dari genting, dalam arti kata adalah sebuah rahamat dari Allah swt.


Karena walaupun giligenting hanya merupakan kepulauan kecil namun masyarakatnya aman, tentram, dan sejahtera, walaupun sebagian masyarakatnya harus merantau ke kota untuk membuka usaha disana demi membangun kehidupan yang lebih baik. Terbukti dengan bangunan bangunan atau rumah rumah penduduk yang sudah permanen, sedangkan dulunya hanya rumah rumah bambu, atau dalam istilah bahasa madura giligenting roma tabing. 

Di kahuripan di perkirakan banyak mengandung migas, Pada bulan juni tahun 1993 di kahuripan pernah di lakukan pengeboran migas yang di garap oleh investor asing yaitu Australia namun tiada hasil karena kabarnya belum ada ijin dari penunggu kahuripan, wau ternyata kahuripan ada penunggunya juga loe... tapi jangan takut untuk berkunjung ke kahuripan karena penuggunya sudah pada jinak he he he.... dalam usaha pengeboran berbagai ritual telah di lakukan namun belum berhasil juga. Dan pada tahun 2006 telah di temukan kembali tambang gas disebelah selatan perairan pulau giligenting, yang di sebut blok meleo yang di garap oleh PT Santos. Pengeboran yang telah 100% di prediksi cadangan debit gas tersebut mampu berproduksi selama 10 tahun kedepan dengan produksi rata rata 110 juta kaki kubik perhari. Keberhasilan eksplorasi gas di giligenting akan mempunyai dampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) yang berimbas terhadap pembangunan di sumenep khususnya di pulau giligenting. Selain itu masih banyak berbagai kekayaan alam di pulau giligenting yang bisa di jumpai seperti pohon lontar, bagi masyarakat giligenting pohon lontar sangat berarti sekali karena pohon lontar sudah menjadi ladang usaha untuk menutupi kehidupan sehari hari, pohon lontar yang di ambil niranya dengan melalui beberapa tahap penyulingan kemudian di olah menjadi gula mirah asli pulau giligenting. Mungkin ini hanya baru beberapa saja tentang anugerah yang telah di berikan oleh Allah terhadap segenap warga giligenting.

Yang terakhir, penulis hanya bisa berdoa semoga Allah swt senantiasa mencurahkan rahmatnya buat semua warga pulau giligenting serta di jauhkan dari segala musibah sehingga tercipta sebuah masyarakat giligenting yang makmur dan sentosa.

1 komentar: